Rabu, 12 Agustus 2009

KABEL UTP

Di kelas XI di SMK, khususnya yang mengambil jurusan TKJ( Teknik Komputer dan Jaringan ) terdapat materi tentang Jaringan Komputer. Dan pada pembahasan kali ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang kabel UTP atau disebut dengan “Unshielded Twisted Pair” .
Kabel UTP banyak digunakan untuk system komunikasi saat ini. Setiap pasangan pilinan terdapat dua buah konduktor ( biasanya tembaga ), dan tiap-tiap konduktor diberi selongsong dengan warna berbeda. Keuntungan menggunakan kabelUTP adalah harganya lebih murah, mudah dalam penggunaannya dan fleksibel. Konektor yang digunakan pada kabel UTP adalah Konektor RJ-45.

Kabel UTP ada dua macam,yaitu :
1. Kabel Straight
Susunan kabel pada tipe ini berkorspondensi 1-1.
Adapun susunan warnanya yaitu :
No. Pin ujung Satu No. Pin ujung lain
1. Orange/putih 1. Orange/putih
2. Orange 2. Orange
3. Hijau/putih 3. Hijau/putih
4. Biru 4. Biru
5. Biru/putih 5. Biru/putih
6. Hijau 6. Hijau
7. Coklat/putih 7. Coklat/putih
8. Coklat 8. Coklat

Adapun fungsi dari kabel ini adalah digunakan untuk menghubungkan perangkat
yang tidak sejenis yaitu pada koneksi dari computer ke
Hub, router ke hub, terminal server ke hub, printer server ke hub.

2. Kabel Crossover ( cross )
Tipe ini terjadi persilangan pada susunan kabel.
Adapun susunan warnanya yaitu :
No. Pin ujung Satu No. Pin ujung lain
1. Orange/putih 3. Hijau/putih
2. Orange 6. Hijau
3. Hijau/putih 1. Orange/putih
4. Biru 4. Biru
5. Biru/putih 5. Biru/putih
6. Hijau 2. Orange
7. Coklat/putih 7. Coklat/putih
8. Coklat 8. Coklat

Adapun fungsi dari kabel ini adalah digunakan untuk menghubungkan perangkat yang sejenis yaitu pada koneksi hub ke hub, computer ke computer, atau dapat juga router ke computer.


Pada pertemuan di kelas XI ini, tepatnya minggu kemarin pada tanggal 8 Agustus 2009, kami diajari bagaimana caranya memasang kabel UTP ke konektor. Awalnya kami bingung dengan praktek tersebut, tapi kami yakin bahwa SMK BISA!!! Langkah awal untuk praktek tersebut, kami harus menyiapkan beberapa peralatan praktek. Adapun bahan-bahannya sebagai berikut :
1. Kabel UTP kira-kira 1 meter.
2. Konektor 4-8 buah.
3.Tang crimping.
4.Gunting.
Langkah selanjutnya adalah memasang kabel UTP ke konektor. Pada langkah ini bias gampang-gampang susah. Caranya adalah sebagai berikut :
1. Kabel UTP dipotong menjadi dua bagian, masing-masing setengah meter.
Pada setiap ujung kabel dikupas dengan tang crimping( tang yang kami gunakan adalah yang pegangannya berwarna hijau ).
2. Setelah dikupas, didalam kabel tadi terdapat kabel-kabel kecil yang terdapat beberapa warna. Dan kabel-kabel tadi disusun menurut susunan kabel( straigt/cross ).
3. Setelah kabel tersusun dengan benar, lalu kabel tersebut dirapikan dengan memakai tang crimping( pegangan berwarna orange ).
4. Setelah rapi, perlahan-lahan kabel tadi dimasukkan kedalam konektor. Pada bagian ini menurut saya gampang-gampang susah, karena pada bagian ini harus teliti dan hati-hati memasukkannya. Karena kalau fatal sedikit, tidak akan jadi, dan artinya kita harus mengulangnya dari awal. CAPE’ KAN, SAYA JUGA CAPE’ NULISNYA.
5. Kemudian, setelah kabelnya dimasukkan ke konektor, kita mencrimping konektor dengan tang crimping( pegangan berwarna hijau/hitam ).
6. Pada prosesi terakhir(cie bahasanya), kita melakukan pengetesan terhadap pekerjaan yang sudah saya terangkan panjang kali lebar tersebut dengan LAN Tester. Apabila lampu yang menyala sama urutannya( sesuai dengan susunan kabel straight/cross ), berarti pekerjaan yang kita lakukan yang menguras tenaga lahir dan bathin tersebut tidak berjalan dengan hancur alias berjalan dengan sukses.
7. langkah selanjutnya, kita menuliskan nama di kertas dan ditempelkan di kabel tersebut dan selanjutnya dikumpulkan ke Bapak Guru yang baik hati dan tidak sombong serta rajin menabung tersebut.

Setelah menyelesaikan praktek tersebut, kami lalu diajari tentang bagaimana
cara menyambungkan computer satu dengan computer lain yaitu dengan cara peer to peer. Caranya adalah sebagai berikut :
1. Tancapkan kabel UTP ke computer yang akan kita hubungkan.
2. Kemudian klik start => control panel => network and internet connections => network connections => klik kanan properties Local area connections. Lalu akan muncul tabel. Kemudian lakukan penginstalan untuk dapat chattingan dengan computer yang terhubung tadi.
3. Sebelum melakukan chattingan, kita lakukan prosedur, yaitu klik start => run => lalu ketikkan cmd => enter. Lalu ketikkan ping (spasi) IP Address computer yang akan dibuat chatting.
4. Lalu kita klik start => run => ketikkan conf => lalu lakukan penginstallan.
Kalau sudah terhubung, berarti kita dapat melakukan chattingan dengan computer yang terhubung dengan computer kita.

Sekian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat buat saya maupun anda yang
membacanya. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di jantung hati anda, saya minta maaf.Kepada Bapak guru, saya minta ma'af kalau ada banyak kesalahan dalam penulisan saya. Akhirulkalam, Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar